Senin, 25 Januari 2010

Pengalaman Medik

Sebelum memasuki ruangan pemeriksaan..

Temen nyokap gue : Yang sakit apa nya ki?
Gue : Ulu hatinya tante
Temen nyokap gue : Wah itu dulu tante di-endoskopi tuh buat diliatnya
Gue : Di-endoskopi itu apa tante?
Temen nyokap gue : jadi kayak diteropong gitu, dimasukkin alat kayak selang (setipis mie) ada kameranya juga buat liat ke dalem tubuh kita
Gue : .....................
Nyokap gue : wah, itu mah sakit yu (nama temen nyokap gue), ini paling mau diperiksa aja hehe
Gue : Mah........... aku ga mau..... ga mau yah kalo di-endoskopi segala......
Nyokap gue : haha iya. (tertawa pahit)
Gue : (lemes)

*

Di ruang pemeriksaan departemen penyakit dalam RSCM..

Dokter : Oh, ini radang aja nih ki, sebelah kanan. sakit ga kalo nelen?
Gue : Ga dok, tp kalo batuk ulu hati nya sakit banget. terus suka sesek napas.
Dokter : Coba ya diperiksa (sambil meriksa pake stetoskop). Ini maag nih ki, kamu makannya suka telat ya pasti?
Gue : Iya dok hehe
Dokter : Kamu ada turunan asma ga?
Nyokap Gue : Gak ada dok, makanya bingung kenapa sesek napas sampe gitu ya dok?
Dokter : (meriksa pake stetoskop lagi) Hmm coba nafas, iya, sekali lagi. Hmm, gejala asma tuh tapi ya.
Gue : (Dalam hati) Astaga penyakit gua banyak benerrrrrrr.
Dokter : Sempet demam ga ki?
Gue : Iya dok, demam tinggi banget. tapi abis dikasih obat lumayan turun demamnya.
Dokter : Oh, takut demam berdarah aja. Ini Mbak Nurul (nama nyokap gue), kalo mulai pusing atau keliyengan coba dicek trombositnya ya.
Nyokap gue : iya dok, sip.
Dokter : Ini buat lebih jelas mau diteropong nggak?
Gue : Errrrr.... (menatap dengan pandangan bingung, mulai resah)
Nyokap Gue : Dikasih obat dulu aja kali ya dok?
Dokter : yaa boleh, itu kan biar lebih jelas aja gimana keadaan dalemnya
Gue : ..... (speechless, memandang memohon ke nyokap gue)
Nyokap Gue : Gak dulu deh dok, gapapa. dikasih obat dulu aja hehehe.
Dokter : Oke deh kalo gitu.
Gue : (lega)


**

untung saja gue tidak jadi di-endoskopi atau diteropong itu... yang gue dengar memang sakit rasanya. bayangkanlah ada alat yg dimasukkan ke kerongkongan lo, apalagi berupa kamera kecil, terus udahannya dikeluarin lagi. Oh man.............


memang gue ini sangat beruntung.


apalagi saat gue melihat ada pasien yang beneran di-endoskopi lalu dikelilingi banyak dokter, sepertinya serius. ada dokter-dokter muda juga lagi memperhatikan di belakangnya. kejadiannya mirip banget sama adegan-adegan di grey's anatomy, dan gue duduk memperhatikan dengan jarak kurang lebih 1,5m. ya, sangat dekat sekali bukan? beruntung sekali gue punya nyokap yang punya banyak kenalan dokter sehingga bisa dapet pengalaman seperti tadi.

men, tapi gue mupeng loh. sepertinya oke jika seandainya gue menjadi salah satu dari dokter muda itu. tapi sungguh tidak oke jika gue yang jadi pasien endoskopinya, euh.


by the way, gue juga tadi ketemu sama Om Tompi si penyayi yang merangkap dokter itu lho. Dia kan kebetulan masih ngambil spesialis bedah dan satu gedung sama nyokap gue, trs tadi di parkiran gue ngeliat dia dengan Jas Dokternya sambil menggendong tas ransel besar. Uwaaah, benar-benar terlihat seperti dokter, tidak kayak penyanyi hehe. gahul. dan sekali lagi, saya iri sama dia -_-

2 comments:

Muhammad Zulidhar mengatakan...

makanya jangan telat makan, kalo dari maag bisa kemana2 tuh penyakitnya kong

Kiky mengatakan...

iya nih kapok deh gue -_-

Posting Komentar