Rabu, 01 Juli 2009

advice(s)

coba deh, buat anak-anak SMA yg baru naik kls 3, buka link ini, baca komen-komennya. ini notes buatan pak wangsa, isinya pesan-pesan dari angkatan gue buat angkatan 2010 untuk bekal menghadapi tahun terberat di SMA. menurut gue, kalo lo angkatan 2010, mengikuti pesan yang ada di situ bakal ngebantu lo banget. jangan dianggep sepele, percaya sama gue, medan perang yang lo bakal hadapi nanti itu berat banget. lo bakal ngerasain yang namanya titik depresi terdalam dalam hidup lo, beneran gue, gak lebay.

saran gue :
1.baca dan resapi pesan-pesannya, kalo bisa malah coba deh lo situasikan diri lo sedang melaksanakan pesan-pesan mereka.

2. ini yang paling penting : JANGAN NYERAH. please, jangan nyerah. seberat apapun yg lo hadapi, tanamkan pikiran ini; GUE GAGAL KALO GUE MENYERAH.

3. be open minded. jangan terpaku sama satu jurusan, kayak gue. pahami diri lo benar-benar. punya cita-cita dan tekad yg besar itu baik, tapi lo pikirin juga, baik ga buat diri lo? sehat ga buat diri lo?

4. jangan nyontek waktu Try Out. oke kalo bisa sih jgn nyontek di semua ujian. Try Out itu adalah alat ukur kemampuan diri. kalo lo nyepelein Try Out, rasain sendiri deh beratnya ngerjain ujian mandiri yang susahnya naujubileh. fyi, saat ujian mandiri lo bakal bener-bener ga bisa nyontek!

5. JANGAN MENUNDA-NUNDA BELAJAR! perhatiin baik-baik apa yg lagi dijelasin. kalo di kelas lo ngantuk, bawa permen dari rmh. ini yg gue lakukan brg Icha, Gloria dan Ifa. tiap hari gantian bawa permen, biar ga ngantuk.

6. jangan malu bertanya! buat anak 8, manfaatin jam pelajaran BTA! nih kalo bisa ya, lo tuh banyak-banyak ngerjain soal, sehari targetin berapa soal. kalo ada yg ga ngerti, TANYA! tanya ke temen lo! dan lo jg harus bantu temen lo yg kesulitan. inget prinsip take and give.

7. kalo bisa mulai belajar dari semester 1, atau ga, dari liburan skrg ini! gue selalu inget apa kata temen gue, Gloria. dia mengutip perkataan temen gue yg lain, namanya Adit, dapet FKUI. dia bilang : Lo jangan lengah! Lo harus curi start! jadi, siapa yang mau sukses kayak Adit? boleh diikuti tuh sarannya.

8. Kalo lo ngerasa jenuh, jangan dipaksa. istirahat. tapi jangan terus-terusan lo jadiin alasan! inget, JANGAN LENGAH!

9. kalo lo kesulitan menghafal, beli post-it memo, tulis sesuatu yg pengen lo hafal, contohnya rumus. tulis aja rumus itu di post-it itu trs tempel di tempat yg sering lo liat di kamar. kalo gue seringnya gue taro kaca. trs juga, buat mind map deh coba. membantu bgt loh. caranya, lo baca dulu sub bab nya, pahamin bener2, baru bikin mind map nya tanpa liat buku. kalo lo lupa, baru buka lagi bukunya. ngaruh loh.

10. buat matematika, cuma satu kuncinya: latihan. banyakin latihan soal. matematika cara pemahamannya bukan dari ngebaca cara pengerjaan, tapi dengan cara lo mencoba mengerjakan sendiri. nih, kalo guru lo lg nerangin, perhatiin dulu. kalo dia udh selesai, kerjain ulang, JANGAN LIAT PAPAN TULIS. kalo lo ga bisa, baru liat. lo mesti fokus, blank satu langkah aja bisa bikin lo salah di langkah berikutnya.

11. Banyak doa. usaha udah, tapi kalo lo ga doa, jalan lo susah. banyak-banyak mendekatkan diri sama Allah ya. nanti ada deh saat dimana lo meragukan pertolongan Dia, tapi lo harus tetep percaya, Dia tau yang terbaik buat lo. makanya jangan malah ngejauh. banyak sedekah juga, doa org-org seperti mereka itu biasanya lebih manjur.

hmm sebenernya banyak sih yg pengen gue blg, tapi bingung gmn ya nyampeinnya. tapi gue yakin kok lo pasti bakal nemuin sendiri poin-poin yg lain. maaf ya kesannya gue menggurui banget, gue cuma berharap ini bisa berguna buat kalian apalagi yg anak 8 hehe. kalo ada yg mau nambahin lg jg boleh, makasi banget malah.

goodluck ya 2010 people :)

5 comments:

Adelia Putri mengatakan...

KIKYYY makasih yaa advicesnyaaa :) Doain gue bisa sukses di 2010 yaa xxxx

Kiky mengatakan...

sama sama adeeeeeeel good luck ya del semoga dapet PTN dan fakultas yg lo pgn yaaa amin :)

Serra Annisa mengatakan...

makasih ya kak advices nyaaa :)

Biesmojo mengatakan...

nambah dikit ya ky:
manfaatin orang yg spesialis di mata pelajaran tertentu di deket anda,,
tanya gemana cara tepat dan cepat ngerjain soalnya,,
saling berbagi deh pokoknya,,
hehe

Nadya mengatakan...

Kak Kikyyyyyy makasih kak, insya Allah aku cobain semuanya hehehe doain ya kak

Posting Komentar