Minggu, 05 Juli 2009

Maaf, gue emang manusia paling ga bersyukur

Lagi, gue akan membicarakan soal keinginan gue menjadi dokter. lo boleh langsung left blog gue kalo lo bosen dan ngerasa marah sama gue.

Gue tau gue salah dengan terus menerus mengangkat pembicaraan ini ke permukaan. gue tau, gue keras kepala dengan terus menerus mengeluh padahal di luar sana banyak banget yg bakal bersyukur kalo dapet apa yg gue dapet. tapi sumpah gue terus menerus kepikiran sama ini.

kemaren kan gue pergi tuh brg temen-temen gue, gue ikut mobilnya fadityo yg isinya gue, dini, rama, bima, fadityo. sesaat kemudian gue sadar, gue berada di antara calon dokter-dokter sukses. Dini udah dapet FK UNS, Rama FK atma (tp masih nyoba SNM PTN FK jg kayaknya), Bima FKUI (dan dia udah dapet kartu mahasiswa, dan gue udah pegang dengan tangan gue sendiri, believe it or not, seperti ada percikan listrik pas gue pegang, hati gue lgs bergetar, uh lebay), dan Fadityo yang udah dapet Farmasi ITB dan Teknik Lingkungan UI tp dilepas karena ingin tetep FK.

beberapa kali gue terhenyak diam di dlm mobil, gue terus berpikir. gimana kalo fadityo bener? seumur hidup gue nanti gue bakal kepikiran sama cita-cita gue yang ga kesampean. gue harus apa? belum apa-apa aja gue udah sirik sama mereka yang masih calon dokter, gimana kalo udah jd dokter? even sama anak FKG pun gue iri! seenggaknya mereka juga seprofesi sama dokter. gue takut setengah-setengah ngejalanin hidup gue ke depan.

waktu gue jalan sama Tata dan Uwi juga sama. mereka sempet ngobrol soal buku anatomi dan kamus kedokteran. rasanya............lemes banget. kenapa sih harus se-depresi ini rasanya?

kemaren nyokap gue nanyain gimana kelanjutan kuliah nya fadityo. terus gue blg, dia ngelepas farmasi ITB dan TL UI. nyokap gue blg, sayang banget. trs tiba-tiba gue naik darah sendiri, nada bicara gue jadi tinggi 'ya biarin aja lah mam, dia emang bener-bener pengen jadi dokter, daripada nanti malah setengah-setengah kuliahnya!'. terus nyokap gue tiba-tiba malah belokin pembicaraan 'kamu masih pengen jadi dokter?', gue diem. trs gue jawab 'masih'. terus nyokap gue blg 'yah trs gimana dong? kenapa ga ikut SNM PTN?'. gue blg 'aku takut ngelepas ITB'. terus nyokap gue nanya lagi 'kamu yakin ga nih di FTI? Mami ga mau kamu setengah-setengah kong'. 'Yakin', oke gue bohong. setengah hati gue emang udah rela, tp setengahnya masih jerit-jerit masih nyiksa gue supaya gue gimanapun caranya gue bisa jadi dokter.

gue harus ikhlas, itu yang selalu gue tanamkan. kadang ada suatu hari dimana gue sangat rela ngelepas FK, yaitu kalo gue lagi bareng sama Centong. tapi kalo gue ketemu sama anak-anak calon dokter, ngelewatin FKUI, ketemu dokter di RSCM (kantor nyokap), denger nyokap gue ngomongin soal jadwal ujian lisan sama dokter yg mau ambil spesialis di telfon, rasanya tuh sesek banget. gue gatau bakal sampe kapan perasaan ini terus-terusan menghimpit gue.

Fadityo bilang, kalo cewek itu to be or to get. maksudnya, kalo ga bisa jadi dokter, ya cari suami dokter. dulu gue juga mikir gitu. tapi sekarang, gue malah mikir, mana tahan gue hidup sama orang yang profesinya sangat bikin gue iri. ini bukan masalah gue pengen duit banyak atau ga, tapi gue pengen ngejalani kehidupan sebagai seorang dokter, bukan istri dokter. mungkin sekarang gue malah ga bakal nyari suami dokter, nyari suami di ITB aja mgkn, lol.

Ya Allah, bantu aku supaya bisa menjalani semua ini dengan lapang dada.

beberapa hari ini banyak banget hal yang bikin mood gue turun drastis. gue emang lagi sensitif banget, lagi PMS. maaf, gue tidak maksud menyinggung perasaan kalian. ini cuma uneg-uneg gue yang harus gue keluarkan, karena kalo ga, perasaan seseknya ga akan berkurang, malah mungkin bertambah. kalo gue curhat sama orang, pasti gue dia bakal bosen dan mgkn malah bikin gue tambah bad mood. jadi gue cuma bisa cerita disini.

maaf ya.

12 comments:

Rino mengatakan...

Emang kong, profesi dokter tuh tak tergantikan hehe..

Rino mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
dini azika mengatakan...

sumpah ky.
abis baca postingan lo gue jadi MALU BANGET sama diri gue sendiri.

beneran. sampe sekarang gue belum 100% pengen di UNS, dan masih terus mengutuki kenapa di ITB gak ada fakultas kedokteran? bahkan gue lebih bangga pake jaket 8 daripada jas UNS. Kalo gak inget jadi dokter gue gak bakalan tahan ngebayangin 4 tahun yang akan gue habiskan di UNS.

buat gue, masuk ITB itu merupakan KEBANGGAAN. Apalagi FTI, ky. Gak semua orang bisa masuk situ dengan gampang. Banyak kan orang yang dengan senang hati ngegantiin posisi lo.

menurut gue, inti masalah kita sama:
KURANG BERSYUKUR.

padahal kita gak pernah tau jalan hidup kita ntar bakal gimana. tapi gue percaya dalam hidup ini semua pasti udah ada garisnya, ky :)

Maaf ya jadi curcol. Hahahaha

Anin mengatakan...

wow

ini ada kutipan menarik dari john lennon (karena gw gatau mau komen apa)

When I find myself in trouble, mother Mary comes to me, speaking words of wisdom, let it be
And in my hour of darkness she is standing right in front of me, speaking words of wisdom, let it be

let it be
whisper words of wisdom: let it be

and when the broken hearted people living in the world agree, there will be an answer, let it be
for though they may be parted there is still a chance that they will see, there will be an answer, let it be


let it be 4x sampe selese lagunya

kebalikan dengan elo, gw bisa menemukan 1001 alasan kenapa gw gamau jadi dokter (biasalah emak2 pgn anaknya jd dokter). ketika ditanya kenapa gw mau masuk itb, gw malah gatau kenapa. aneh kan? soon I realized that I am a coward hahahah, gw ga bisa mengemban beban moral (yg menurut gw) terlalu tinggi. sebagai dokter. (sampe sekarang gw menganggap para dokter memang tangguh dan tdk pengecut)

gw pernah baca komik, ada kutipan bagus. ketika seseorang bingung akan cita2nya, yang dia harus pikirkan adalah kembali ke "kenapa aku ingin jadi" bukan "bagaimana agar aku jadi". apakah kenapanya hanya sekedar embel2 jaket kuning? atau gedung yang di salemba itu? (pdhl di salemba juga ada YAI, terus napeeee)

kesel terus diforsir biar ikut tes fkui, akhirnya gw ngelawan juga ke bapak gw hehehe

"apakah menolong seseorang harus dengan jadi dokter dahulu?"

*komentar orang sotoy, jgn dimasukkin terlalu banyak ke hati, piss men

Anin mengatakan...

makjaan komen gw panjang bener, yg ngepost ini gw atau elo sebenernya hahahah. maklum lama tdk tulis menulis *alesan*

apus aja kong kl menurut lo mengganggu

Riris Asti Respati mengatakan...

Dear kikong,

tanpa maksud sok tau ataupun menggurui ya
Hehe kalo gue sendiri ya kong, gue adalah orang yang sangat keras kepala. Apapun yang gue pengenin akan gue kejar terus nih pokoknya HARUS sampe gue dapet. Kalo belom dapet? Pasti gue nangis lah stres lah. Norak memang, tapi itu motivasi terbesar gue. Banyak yang bilang gue salah besar waktu gue ngelepas SITH ITB dan FKG Unibraw gue ( yang memang masih jauh lebih keren FTI sih) Ada yang bilang sayang lah, percuma udah belajar lah, apalah. Gue nggak pernah ngerasa nyesel sedikit pun udah ngelepas itu kong. Sumpah deg-degan karena takut salah pilih atau apa juga nggak! Lagi-lagi karena gue ngebet banget jadi dokter. Pasti lo sering denger kan ada orang bilang gini " Udah deh kalo emang jalannya jadi dokter tuh pasti keterima kedokteran kok, tapi kalo emang bukan jalannya, mau sepinter apapun juga nggak akan keterima" Oke, fine gue percaya emang kalo udah jalannya lo akan SANGAT dimudahkan, tapi gue sendiri takut gimana kalo jalan gue bukan dokter?? (Yang lo pertanyakan juga) Setelah gue pikir pikir panjang dan lamaaaaa banget, gue memutuskan emang pengen jadi dokter dan kalo SNMPTN nanti gue nggak keterima FK juga, gue akan FK trisakti aja atau swasta lainnya. Hehe konyol ya kong segitu pengennya padahal kalo diliat-liat mending SITH ITB nggak sih daripada FK Trisakti? Gaktau deh intinya gue pengen banget jadi dokter.

Gue nggak bermaksud ngeracunin lo buat ngelepas ITB ya kong, tapi menurut gue, lo ikhlas ngelepas cita-cita lo untuk jadi dokter itu tuh udah BAGUS BANGET. Serius deh, gue nggak akan bisa kayak lo gitu. Ikhlas, lapang dada. Yah walaupun lo belom 100 % ikhlas tapi itu udah bagus banget kong. Lagian FTI ITB tuh keren juga kali banyak orang di luar sana yang pengen banget masuk tapi belom keterima.. Lo bikin list aja kenapa lo harus tetep di FTI. BTW, bukannya kampus ITB itu kata orang-orang bagus banget ya? Banyak banget yang gara-gara ke ITB jadi mupeng berat kuliah disana. Pokoknya maju terus kikong! Semangat ;))))

PS : Dini, di ITB emang nggak ada fakultas kedokteran, tapi di Jatinangor ada dan itu katanya Ame seret listrik terus kayak hutan belantara. Lo masih mau juga?

PSS : Kenapa ya banyak yang mau jadi dokter? Haha kalo gue karena keseringan nonton Greys Anatomy. lol

PSS: komen gue panajaaaang abis. Apus aja kong kalo kepenuhan!

dini azika mengatakan...

ris, gw tau di ITB ga ad fakultas kedokteran. tp gw pengen msk ITB (kalo ad fk-nya, tp gw tau itu ga mgkn). pesona ITB tuh ga abis" mnrt gw. hahahaha maaf ya ngaco. apus aj kong kalo ganggu.

Kiky mengatakan...

hahahaha kenapa semua org minta gue ngapus komennya deh? gue sangat seneng malah, ada masukan, ini yg gue butuhin soalnya hehehe.

@Rino : iya rin, kenapa ya, sulit banget ngelepas dokter?

@Dini : itu dia din kenapa ya gue masih aja keras kepala, padahal ngerasain kuliah di FTI aja belom. kepikiran trs gue. banyak org yg udh ngerasa bangga jadi anak ITB. tapi gue, kmrn liat org jualan kaos itb aja ga berminat, kebayang gue pake jaket biru aja ga nafsu, parah bgt ya gue? sombong banget, emang gue sepinter apa ngerendahin ITB. nyangkut ITB aja harusnya udah bersyukur. duh maaf banget pasti yg anak ITB dan yg ga dapet ITB baca ini bakal dendam banget sama gue. maaaaaaaaf banget tp gue bakal usaha buat suka dan mencintai ITB. tapi sih gue seneng juga di ITB soalnya kampusnya bagus, asri gitu gue suka. mudah-mudahan aja ke depannya bisa sreg di ITB, amin.

@Anin : Let it be ya nin, bismillah. very inspiring nin, makasih yaaa. btw, gue juga menemukan byk alasan kenapa gue ga jadi dokter, salah satunya, gue ga tahan sama yang sadis-sadis, yah mgkn itu juga kali, Allah ga tega sama gue.

@Riris : Rissss iya banget gue sebenernyu, gue pengen kayak lo gitu. sebenernya gue bukan nya gitu juga, sebenernya kalo gue pikir-pikir gue itu pengecut banget, ga berani menghadapi resiko kayak lo gitu ris, gue tipe org yg nyari aman banget. makanya dapet FTI ini, kalo disuruh ngelepas dan ikut SNM PTN, gue ga bakal berani ris, hehe. btw, gue dulu pgn jadi dokter karena duitnya byk hehe, tp abis itu gue pikir2 ga cuma dokter aja yg duitnya byk, mana dokter kuliahnya lama juga kan. eh taunya cinta mati sm biologi gue, cinta mati sama pelajaran yg mempelajari anatomi manusia. eh trs fadityo nyuruh ntn greys, gue dari yg tadinya ga berani liat bedah-bedahan gitu malah jadi pengen bgt nyobain, pengen bgt megang jantung asli, pgn banget masuk ruang operasi. duh, hahaha mulai deh gue. greys emang bikin ngiler banget ya ris.

makasi ya semua :)

Kiky mengatakan...

risssssss minta link blog lo yang bisa diliat dong hehe thanks ris

Rifasenda mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Riris Asti Respati mengatakan...

ririsastirespati.blogspot.com Hahaha kikoooooong maapin td gue lupa malah bales komennya pake blog gue bersama temen2 gue yang gak bisa dibuka orang So stupidddddddd!!!!!!

fadityo mengatakan...

gue udah sering baca tulisan lo yg ini tapi sekarang gue baru baca bener-bener semuanya,dan kayaknya dari semua permasalahan bimbang yg lo alami waktu itu kayaknya semua salah gue,gue yg ngasih dvd greys,gue yg menghasut dengan kalimat "takut nanti terus kepikiran tentang cita-cita gue". jd kayaknya semua salah gue kong,salah temen-temen gue (Rangga style)

Posting Komentar