Sabtu, 13 Juni 2009

Attention, it's going to take a lot of time to read it, be prepared

Okay, I had a conversation with Muncieto Andreas last night. Tidak seperti biasanya yang selalu membicarakan hal-hal bodoh dan candaan ga penting (contohnya rebutan soal icha, lol), tadi malem gue dan cieto ngobrolin soal kuasa Tuhan. Memang, gue dan dia berbeda keyakinan, tapi kami berdua sama-sama setuju kalo Tuhan itu bener-bener bekerja in His mysterious way, agree?

Okay, it's like, mmmmm a zillion times, I told you that I really want to be a Doctor. bahkan kalo sekarang pun gue ditawarin bangku FKUI dgn cuma-cuma, pasti dengan gilanya gue bakal ngelepas ITB dan ngambil FKUI. tapi siapa coba yg mau nawarin bangku FKUI dgn cuma-cuma? udah gila, lol. maaf, gue ga bermaksud apa-apa, I just wanna share what I'm feeling right now. Gue ga 100% yakin gue bakal survive di ITB. Salah kalo lo bilang gue ga bersyukur, setulus hati gue, gue bahagia gue dapet FTI, gue bersyukur bangeeeeet, Alhamdulillah gue sudah bisa lega sekarang, walaupun gue ga pernah nyangka sama sekali kalo akhirnya perjalanan panjang gue berhenti di Stasiun FTI ITB.

Kenapa sih gue pengen banget jadi dokter? Entah ya, ga munafik, dulu gue pengen banget jadi dokter karena, yaaa, dokter merupakan profesi yang bisa menghasilkan uang yg banyak (translation : pengen kaya). Tapi makin kesini tujuan gue makin berubah. Gue dulu setengah mati benci sama Biologi, benci banget. Sama benci nya kayak lo benci sama pacar lo yang selingkuh (oke analogi yang aneh). Tapi pas di awal tahun kelas 3, gue sudah bertekad akan belajar menyukai biologi. Gue menanamkan pada diri gue berbagai sugesti agar gue cinta sama biologi. akhirnya gue beneran jatuh cinta sama biologi, and I must confess, I'm a bit obsess with it. karena kecintaan gue sama biologi, lama kelamaan timbul dengan sendirinya kecintaan gue kepada profesi dokter. Gue terobsesi untuk menjadi dokter. Gue pengen banget belajar biologi teruuuuus karena menurut gue biologi itu ilmu yang bener-bener menyenangkan, lo mempelajari cara kerja tubuh lo sendiri.

selain itu, nyokap gue juga kerja di RSCM (bukan dokter), dan sangat erat hubungan nya sama FKUI. ga jarang gue nganter beliau ke FKUI, menginjakkan kaki gue ke FKUI, melihat suasana di FKUI. dengan sendirinya pun, gue jatuh cinta sama FKUI, ga perlu dipaksa sama nyokap, gue juga jadi maksa sendiri pengen masuk FKUI. apa ya yang bikin gue sangat terobsesi sama profesi ini? jaket putih yang mereka pakai (gatau namanya), bau rumah sakit, stetoskop yang mereka bawa, ah astaga, benar-benar ga kebayang rasanya pasti.

(sigh)
awalnya gue cuma terobsesi sama FKUI, tapi makin kesini, ternyata obsesi gue berubah menjadi obsesi kepada profesi dokter. 3 kali gue ditolak PTN karena gue naro pilihan FK. temen-temen gue pun simpati sama gue, mereka nyaranin gue buat nyari alternatif yg lain. tapi gue malah rese dan tetep aja ga mau dengerin mereka. GUE PENGEN BANGET JADI DOKTER, KENAPA SIH? SALAH YA? GUE BENER-BENER PENGEN NGEDAPETIN CITA-CITA GUE. itulah yang ada di pikiran gue saat mereka menasehati gue. bodoh? ya. egois? ya. keras kepala? ya. batu? ya.

bahkan yang lebih parah, gue pernah mengeluarkan kata-kata ini 'Duh, sebenernya gue ga minat ke ITB karena gue ga minat teknik'. Nah kan, lihat kong, lihat! Menelan ludah sendiri!

ini yang gue bilang Tuhan bekerja dengan cara yang misterius.

Gue sangat mengidam-idamkan masuk kedokteran, khususnya kedokteran UI. di sisi lain, Muncieto Andreas mengidam-idamkan masuk FTI ITB, apalagi pacarnya, si icha (yg which is adalah temen sebangku gue) masuk FTI ITB juga. tapi apa yang terjadi? Allah berkata lain, Allah punya jalan lain buat gue dan Muncieto.

Muncieto dapet FKUI dan Gue dapet FTI ITB.

Lucu kan? bagai ketuker ya nasib gue dan Muncieto. kami berdua ngotot banget pengen jurusan idaman masing-masing, tapi akhirnya? justru kami dapet jurusan yang nggak kami sangka-sangka dari awal, ya toh? Sungguh, Allah benar-benar maha pengasih dan penyayang umat-Nya.

Dia memberi gue dan muncieto sebuah tanggung jawab besar dengan keputusan-Nya ini. gue dan cieto sama-sama mikir apa bisa nanti kami survive di sana? di jurusan yang kami sendiri pun ga yakin. Lucu lagi, gue dan cieto sama-sama iri sama jurusan masing-masing.

Cieto bilang dia iri gue dapet FTI ITB. lah gue? heh ciet, lo kira gue ga iri lo dapet FKUI? hahaha, benar-benar ironis.

Iya, kami saling iri. Iya, ada kesan kami tidak bersyukur.

lalu ada percakapan seperti ini,

cieto bilang 'manusia itu bego ya, mesti ditunjukkin dulu sama Tuhan, baru ngerti'. iya bener banget menurut gue, gue bego banget dengan menutup pikiran gue dari jurusan-jurusan lain dan baru sampe gue dapet yang lain ini, pikiran gue terbuka. Ini lah yang terbaik menurut-Nya untuk gue.

ada lagi,

cieto bilang 'Tuhan selalu ada ya buat kita, dia tetep ngebantu kita bahkan di saat kita meragukan pertolongan-Nya'. ga percaya cieto ngomong gitu? ini sumpah beneran dia yg ngomong kayak gitu (oke gue lupa pasti nya kata-katanya gimana, tapi exactly kayak gini kira-kira). Ah gila bener banget, di saat gue meragukan apakah Allah akan datang ngebantu gue, Dia benar-benar menunjukkan kepada gue kalo Dia selalu ada buat gue. Sesering apapun gue lalai, gue jauh, Dia selalu dekat dengan gue. rasanya mau nangis banget kalo mikirin ini, berkali-kali gue berkhianat sama Tuhan dengan melupakan-Nya, tapi dia ga pernah sekalipun ninggalin gue. Gue ini manusia macam apa?

(sigh)

Sekarang gue bener-bener sadar. semua penolakan, semua hal yang menghambat gue, semua hal yang membuat gue down, itu semua merupakan proses. proses ujian apakah gue mampu menghadapinya dengan pikiran terbuka. pikiran yang logis, realistis, yang merupakan proses pendewasaan diri juga. bukannya malah mengintimidasi keyakinan lo terhadap cara kerja-Nya. Percaya dan yakin, Tuhan itu tidak pernah tidur. Minta pada-Nya, insya Allah, Allah pasti tau yang terbaik buat umat-Nya.

terimakasih buat semua orang yang udah mendukung gue selama ini tanpa terkecuali, maaf kalo selama ini banyak banget omongan yang ga enak keluar dari mulut gue. Gue berterimakasih atas semua doanya, gue bener-bener bahagia, Allah berikan kalian semua di hidup gue :)

Alhamdulillahirabbilalamin, kalian ga perlu lagi khawatir melihat gue bermuram durja karena ga dapet kedokteran. Insya Allah, gue sudah ikhlas lahir batin melepas cita-cita gue. Gue yakin, perjuangan gue masih belom selesai sampe disini. Allah punya rahasia-rahasia lain yang masih belum terungkap.

Untuk teman-teman gue yang masih sedikit lebih panjang perjalanannya, gue mohon, jangan berhenti, jangan jatuh lebih dalam lagi. Gue yakin banget, Allah itu sayang sama kalian, Allah pasti bakal bantu kalian. Gue selalu berdoa untuk kalian semua, karena gue juga pengen yang terbaik untuk kalian semua. Kalian harus yakinin diri kalian untuk bangkit! percaya dan yakin, semua kesakitan dan kepahitan yang lo alami sekarang pasti akan terbayar nantinya, trust me. gue sudah membuktikan, semua hal butuh pengorbanan.

maaf, ga bermaksud sok tau, tapi memang segala hal yang gue alami yang butuh perjuangan berat terlebih dahulu, hasilnya Alhamdulillah lebih terasa memuaskan. banyak banget, ga cuma masalah perkuliahan aja. tanya aja temen gue, wena, dulu gue suka banget sama RAN sampe berjuang ini itu buat nonton Java jazz, biarpun sulit banget awalnya (panjang deh kalo gue ceritain perjuangannya), tapi akhirnya gue ketemu sama RAN dan bayangkan, gara-gara pertemuan di Java jazz itu gue pernah nonton RAN di Pisa cafe diundang langsung sama managernya RAN dan dibayarin! ga cuma masalah itu aja kok, yang lain lagi masih banyak, I swear. (okeeeeeeee fatal, yang kepikiran di otak gue cuma ini contohnya haha maaf deh ya ranners banget deh gue, lol)

intinya, gue pengen lo semua percaya kalo Allah itu beneran ada buat ngebantu lo dan tentu saja semua hal itu butuh perjuangan. maka dari itu, teman-teman, gue mohon, jangan berhenti, jangan meragukan Dia lagi.

P.s. cha, makin jatuh cinta ga sama muncieto? lol, ampun cha.

12 comments:

Nicke Vinadia Putri mengatakan...

I love your post!! I failed ITB, gue sedih banget. tapi mudah2an ada jalan lain, amiin

Andriani Pratiwi mengatakan...

kiky. postingan lo keren banget :)

Anin mengatakan...

jangankan elo kong gw aja yang pengen masuk itb sama sekali ga kebayang gimana kuliah di fti hahahah

tp spt yg pernah bilang juga... apapun jalan yg lo tempuh pasti ujung2nya dapat rejeki juga kok, even yang satu seperti jalan tol, atau jalan tol di jakarta (yang ga ada bedanya sm jln biasa), atau mungkin jalan yg berliku. kalo misalnya lo tetap struggling buat jadi dokter pun bukan ga mgkn lo dpt petunjuk dariNya nanti kan... just do these simple steps: bersyukur dan konsekuen dgn jalan kita :)

Kiky mengatakan...

@Nicke : Nickeeeeeee semoga UMB dapet yaaa, apa lo smup? apapun yg lo ikutin, semoga dapet yg terbaik ya nick :) jangan nyerah disini nick!

@Andriani : hahaha makasi yan

@Anin : aniiiiiiin bener banget, yang penting bersyukur dan konsekuen huhuhu gue kadang suka melewatkan yg pertama, yaitu bersyukur :'( semoga kita baik baik ya nin di ITB :)

MNH mengatakan...

iya ky,semua nya pasti ada jalan,
haha,,ga nyangka kan lo, si cieto bisa ngomong gitu,,haha aneh bin ajaib dia biasanya

aduh ky,,smga kita bisa bertahan di fti ya,,tp gw seneng banget lo trima juga,,hihihii,,rameeee dehh

Anonim mengatakan...

congratulations ya Kiky, you got accepted di ITB. kalo boleh nambahin nih, apa yang baik menurut manusia belum tentu yg terbaik di mata Allah, so plan to be surprised and always be grateful :)

DUNIA POLAR mengatakan...

pesan yg bagus, btw aku tdk pernah kok meragukan ALlah...

Kiky mengatakan...

@Icha: Iya cha ga nyangka cha, pacar lo tuh cha hahaha

@Tara: thankyou :) agree, insya Allah ini yg terbaik ya :)

@Dunia Polar : wah Alhamdulillah kalo gitu hehe

Anonim mengatakan...

gw juga ngeri banget takut ga bisa survive di fttm yang kimianya bejibun... selama ini gw ngincer stei karena gw pikir porsi fisika sama matematika bakal lebih banyak daripada kimia...huh...tapi tapapalah...Allah udah punya skenarionya sendiri...haha...

Kiky mengatakan...

Iya banget rin, apalagi gueeeee men maunya biologi aja karena sudah muak dgn fisika kimia, eh ini isinya fisika kimia hahaha nah loh bgt ga sih gue

heyifa mengatakan...

koong, gue baru baca! Setuju banget, koong. Perjalanan gue malah lebih panjang dari mau jadi dokter, terus mau masuk bisnis, eh dapetnya malah arsitek. Yang aneh, gue waktu SD sampe SMP pingiin banget jadi arsitek. Hahahaha. Emang udah jalan yang dikasih Allah deh, :)

Kiky mengatakan...

iya faaaaaa bener hahaha lo kan dulu dokter ya trs mau bisnis trs skrg arsi deh, bener2 tak disangka tak dinyana ya haha

Posting Komentar